Linux

Tool Monitoring Jaringan di terminal Linux

September 6, 2018

Ada beberapa alat pemantauan jaringan untuk berbagai sistem operasi saat ini. Pada artikel ini, saya  akan membahas tentang  alat monitoring jaringan untuk Linux yang akan dijalankan dari terminal, ideal untuk pengguna yang tidak menggunakan GUI atau bagi mereka yang ingin menjaga kontrol penggunaan jaringan server melalui dari ssh.

IFTOP

Pengguna Linux umumnya akrab dengan Top. Tools ini adalah monitor sistem yang memungkinkan kita untuk mengetahui secara real time semua proses yang berjalan di sistem anda dan dapat mengelolanya dengan mudah. Iftop adalah aplikasi yang mirip dengan Top tetapi khusus dalam pemantauan jaringan, mampu mengetahui banyak detail mengenai jaringan dan semua proses yang berjalan secara real time.

Untuk menjalan silahkan install terlebih dahulu di server anda

 

$ apt install iftop (ubuntu)

 

$ yum install iftop (centos)

untuk menjalankan langsung aja ketikan  pada terminal  : iftop

Vnstat

vnStat adalah monitor lalu lintas jaringan berbasis konsol untuk Linux dan BSD yang menyimpan log lalu lintas jaringan. Ini Tools ini menggunakan statistik antarmuka jaringan yang disediakan oleh kernel sebagai sumber informasi. Ini berarti bahwa vnStat sebenarnya tidak akan mengendus lalu lintas dan juga memastikan penggunaan sumber daya sistem secara ringan.

Program ini open source / GPL’ed dan dapat diinstal baik sebagai root atau sebagai pengguna tunggal. Instruksi yang lebih baik termasuk dalam README. Jangan ragu untuk mengirim komentar melalui email (hapus spamfilter) atau coba hubungi saya dari irc (Vergo @ IRCNet).

Untuk instalasi kunjungi link ini

IPTRAF

IPTraf adalah utilitas pemantauan jaringan real-time berbasis konsol untuk Linux. (IP LAN) – Mengumpulkan berbagai macam informasi sebagai monitor lalu lintas IP yang melewati jaringan, termasuk informasi flag TCP, detail ICMP, kesalahan lalu lintas TCP / UDP, paket koneksi TCP dan akun Byne. Ini juga mengumpulkan informasi statistik dari antarmuka umum dan terperinci dari TCP, UDP ,,, checksum error IP bukan IP ICMP IP, aktivitas antarmuka, dll.

untuk instalasi :

 

$ yum install iptraf (centos)

 

$ apt install iptraf  (ubuntu)

Perintah menjalankannya : iptraf

Monitorix – System and Monitoring Network

Monitorix adalah utilitas gratis ringan yang dirancang untuk menjalankan dan memonitor sistem dan sumber daya jaringan dengan sebanyak mungkin server Linux / Unix. Sebuah server web HTTP telah ditambahkan yang secara teratur mengumpulkan informasi sistem dan jaringan dan menampilkannya dalam grafik. Ini akan melacak beban sistem rata-rata dan penggunaannya, alokasi memori, kesehatan disk, layanan sistem, port jaringan, statistik email (Sendmail, Postfix, Dovecot, dll.), Statistik MySQL, dan banyak lagi. Perangkat ini dirancang untuk mengontrol kinerja keseluruhan sistem dan membantu mendeteksi kesalahan, kemacetan, aktivitas abnormal, dll.

Untuk informasi instalasi dan mendownloadnya kunjungi link ini

MTA graph

 

 

DSTAT

Dstat memberi Anda informasi selektif rinci dalam kolom dan dengan jelas menunjukkan seberapa besar dan unit output ditampilkan.

Output Dstat secara default dirancang untuk diinterpretasikan oleh pengguna secara real-time, namun Anda dapat mengekspor rincian ke output CSV ke file yang akan diimpor kemudian ke Gnumeric atau Excel untuk menghasilkan grafik.

Untuk instalasi :

 

$ yum install dstat (centos)

 

$ apt install dstat (ubuntu)

Untuk menjalankan  : dstat

untuk melihat option penggunaan dstat

$ dstat --help

Bwm-ng

Salah satu alat paling sederhana. Ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan data dari koneksi secara interaktif dan, pada saat yang sama, mengekspornya ke format tertentu untuk referensi lebih mudah di perangkat lain.

informasi lebih lanjut tentang tools  ini dan mengunduh paket yang diperlukan dari link berikut.

 

BMON

Tools ini sangat menarik layaknya seperti memonitoring jaringan melalui perangkat router yang handal. tools ini sangat sering saya gunakan untuk memonitoring jaringan.

untuk instalasi :

$ apt install bmon (ubuntu)

$ yum install bmon (centos)

Perintah menjalankannya : bmon

HTOP

Htop adalah alat Linux yang jauh lebih maju, interaktif dan real-time untuk proses pelacakan. Ini mirip dengan perintah Linux top tetapi memiliki beberapa fitur canggih seperti antarmuka yang mudah digunakan untuk manajemen proses, tombol pintas, tampilan vertikal dan horizontal dari proses dan banyak lagi. Htop adalah alat pihak ketiga dan tidak termasuk dalam sistem Linux, Anda harus menginstalnya menggunakan YUM (atau APT-GET) atau apa pun alat manajemen paket Anda. Untuk informasi lebih lanjut tentang pemasangan,

Demikian artikel ini saya buat yang bertujuan untuk pembelajaran dan berbagi pengetahuan untuk anda dan Semoga artikel ini bermanfaat. terima kasih

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: