Tips & Tricks

Network Automation apakah harus ?

September 4, 2018

Saat ini, ini digital berkembang dengan pesat, diantara seluruh digital bisnis yang ada, siapapun yang bisa mengerjakan suatu tugas dengan lebih cepat dan efisien dialah yang menang. Sebelum kita bahas lebih dalam lagi dan menjadi pertanyaan saya sendiri apakah harus Network Automation untuk di terapkan ?

Pengertian Nework Automation

Network Automation adalah metodologi di mana perangkat lunak secara otomatis mengkonfigurasi, ketentuan, mengelola dan menguji perangkat jaringan. Ini digunakan oleh perusahaan dan penyedia layanan untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi kesalahan manusia dan biaya operasional.

Alat bantu otomatisasi jaringan mendukung fungsi mulai dari pemetaan jaringan dasar dan penemuan perangkat, hingga alur kerja yang lebih kompleks seperti manajemen konfigurasi jaringan dan penyediaan sumber daya jaringan virtual.

Otomatisasi jaringan juga memainkan peran kunci dalam jaringan yang ditentukan perangkat lunak, virtualisasi jaringan dan orkestrasi jaringan, memungkinkan penyediaan otomatis penyewa dan fungsi jaringan virtual, seperti load balancing virtual.

Contoh Network Automation :

Ada beberapa Keuntungan jika kita menggunakan Network Automation, diantaranya

Menyerdahanakan Kerjaan

Dengan Network Automation, kita bisa meringankan beban kerja. Networking task yang bersifat repitisi seperti backup config berkala, mengubah password berkala, dan lain-lain bisa di lakukan oleh script. Sehingga kita tidak terjebak pada pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan oleh mesin, dengan kata lain tidak membuang-buang waktu, dan bisa fokus ke pekerjaan yang hanya bisa di lakukan oleh mesin

Jauh Lebih Cepat

Dengan memanfaatkan metode Network Automation], pekerjaan yang seharusnya selesai dalam jangka waktu 1 minggu bisa saja selesai dalam sehari atau bahkan hitungan jam. Hal ini dikarenakan manusia butuh istirahat, bahkan jika sudah mencapai batas pekerjaan yang dilakukan manusia menjadi lebih efektif. Berbeda dengan mesin yang bisa bekerja sangat cepat dan tidak kenal lelah.

Sumber Daya Maksimal

Dengan Network Automation, kita bisa mengurangi resource yang dibutuhkan. Jika tanpa Network Automation mungkin kita memerlukan 100 orang untuk melakukan sebuah pekerjaan, namun dengan network automation kita mungkin hanya perlu 10 orang.

Menghilangkan Kesalahan Manusia

Dengan menggunakan Network Automation, kita bisa menghindari error yang disebabkan oleh manusia (human error).

Keuntungan Lebih

Dengan Network Automation, pekerjaan kita sebagai network engineer bisa dilakukan dengan lebih cepat. Hal ini berdampak kepada kepuasan pelanggan dan meningkatkan keuntungan.

Kesimpulan

Mengingat banyak sekali keuntungan yang di tawarkan Network Automation saat ini metode ini menjadi trend pasar yang sangat menjanjikan. Oleh karena itu network engineer di tuntut untuk segara memahami tentang Network Automation, dimana mengurus dan mengatur sebuah hardware jaringan tidak lah sulit, demikian juga ketika peralatan anda bertambah menjadi 2 atau 3 Namun seiring dengan bertambahnya peralatan, Anda akan mulai menghadapi banyak masalah dan menghabiskan sangat banyak waktu dan di tambah dengan berbagai kesalahan dan lupa bisa merakibat fatal. Jadi perlukah Network Automation sebagai network engineer?

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: