Networking

Jenis Area Jaringan [LAN, MAN , dan WAN]

Agustus 3, 2018

LAN, MAN dan WAN adalah tiga jenis utama dari jaringan yang dirancang untuk beroperasi di atas area yang mereka cakup. Ada beberapa kesamaan dan ketidaksamaan di antara mereka. Salah satu perbedaan utama adalah wilayah geografis yang mereka cakup, yaitu LAN mencakup wilayah terkecil; MAN mencakup area yang lebih besar dari LAN dan WAN termasuk yang terbesar dari semuanya. 

Local Area Network (LAN) –
LAN atau Local Area Network menghubungkan perangkat jaringan sedemikian rupa sehingga komputer pribadi dan workstation dapat berbagi data, alat, dan program. Kelompok komputer dan perangkat terhubung bersama oleh switch, atau tumpukan switch, menggunakan skema pengalamatan pribadi sebagaimana didefinisikan oleh protokol TCP / IP. Alamat pribadi unik dalam kaitannya dengan komputer lain di jaringan lokal. 

LAN mencakup area geografis yang lebih kecil (Ukuran terbatas hingga beberapa kilometer) dan dimiliki secara pribadi. biasanya digunakan  untuk gedung perkantoran, rumah, rumah sakit, sekolah, dll. LAN mudah untuk merancang dan memeliharanya. Media komunikasi yang digunakan untuk LAN memiliki kabel pasangan terbelit dan kabel koaksial. Ini mencakup jarak pendek, sehingga kesalahan dan kebisingan diminimalkan.

LAN awal memiliki kecepatan data dalam kisaran 4 hingga 16 Mbps. Hari ini, kecepatan biasanya 100 atau 1000 Mbps. Penundaan propagasi sangat singkat dalam LAN. LAN terkecil hanya dapat menggunakan dua komputer, sementara LAN yang lebih besar dapat menampung ribuan komputer. Suatu LAN biasanya sangat bergantung pada koneksi kabel untuk peningkatan kecepatan dan keamanan, tetapi koneksi nirkabel juga dapat menjadi bagian dari LAN. Toleransi kesalahan dari LAN lebih dan ada lebih sedikit kemacetan dalam jaringan ini. Sebagai contoh: Sekelompok siswa bermain Counter Strike di ruangan yang sama (tanpa internet).

Metropolitan Area Network (MAN) –
MAN atau Metropolitan area Network mencakup area yang lebih luas daripada LAN dan area yang lebih kecil dibandingkan dengan WAN. Ini menghubungkan dua atau lebih komputer yang terpisah tetapi berada di kota yang sama atau berbeda. Ini mencakup wilayah geografis yang luas dan dapat berfungsi sebagai ISP (Penyedia Layanan Internet). MAN dirancang untuk pelanggan yang membutuhkan konektivitas berkecepatan tinggi. Kecepatan MAN berkisar dalam Mbps. Sulit untuk merancang dan memelihara Jaringan Area Metropolitan.

Toleransi kesalahan seorang MAN kurang dan juga ada lebih banyak kemacetan di jaringan. Tingkat transfer data dan penundaan propagasi MAN sedang. Perangkat yang digunakan untuk transmisi data melalui MAN adalah: Modem dan Wire / Cable. Contoh MAN merupakan bagian dari jaringan perusahaan telepon yang dapat menyediakan saluran DSL berkecepatan tinggi kepada pelanggan atau jaringan TV kabel di suatu kota.

 

Wide Area Network (WAN) –
WAN atau Wide Area Network adalah jaringan komputer yang menjangkau area geografis yang luas, meskipun mungkin terbatas dalam batas negara atau negara. WAN dapat berupa koneksi LAN yang terhubung ke LAN lain melalui saluran telepon dan gelombang radio dan mungkin terbatas pada suatu perusahaan (perusahaan atau organisasi) atau dapat diakses oleh publik. Teknologi ini berkecepatan tinggi dan relatif mahal.

Ada dua jenis WAN: Switched WAN dan Point-to-Point WAN. WAN sulit untuk dirancang dan dipelihara. Mirip dengan MAN, toleransi kesalahan dari WAN kurang dan ada lebih banyak kemacetan dalam jaringan. Media komunikasi yang digunakan untuk WAN adalah PSTN atau Satellite Link. Karena transmisi jarak jauh, suara dan kesalahan cenderung lebih dalam WAN.

Laju data WAN lambat sekitar kecepatan LAN ke-10, karena melibatkan peningkatan jarak dan peningkatan jumlah server dan terminal dll. Kecepatan WAN berkisar dari beberapa kilobit per detik (Kbps) hingga megabit per detik (Mbps). Penundaan propagasi adalah salah satu masalah terbesar yang dihadapi di sini. Perangkat yang digunakan untuk transmisi data melalui WAN adalah: Kabel optik, Gelombang Mikro dan Satelit. Contoh Switched WAN adalah jaringan transfer data asynchronous (ATM) dan Point-to-Point WAN adalah jalur dial-up yang menghubungkan komputer rumah ke Internet.

 

Kesimpulan –
Ada banyak keuntungan dari LAN over MAN dan WAN, seperti LAN menyediakan keandalan yang sangat baik, tingkat transmisi data yang tinggi, mereka dapat dengan mudah dikelola, dan juga berbagi perangkat periferal. Local Area Network tidak dapat mencakup kota-kota atau kota-kota dan untuk itu diperlukan Jaringan Kawasan Metropolitan, yang dapat menghubungkan kota atau sekelompok kota bersama-sama. Lebih lanjut, untuk menghubungkan Negara atau sekelompok Negara, seseorang membutuhkan Wide Area Network.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: