Networking, Tips & Tricks

Metode Terbaik untuk Share Data dua Komputer/Laptop

Juli 25, 2018

Menghubungkan Dua Komputer Secara Langsung Dengan Kabel

Metode tradisional untuk jaringan dua komputer/laptop  dengan memasukkan satu kabel ke dalam dua sistem (tanpa switch/hub) dapat di lakukan dengan cara:

<> Kabel crossover Ethernet (susunan cabel crossover baca disini)

Metode Ethernet adalah pilihan yang disukai karena mendukung koneksi berkecepatan tinggi yang handal dengan konfigurasi minimal yang diperlukan. Selain itu, teknologi Ethernet menawarkan solusi yang paling umum, memungkinkan jaringan dengan lebih dari dua komputer yang akan dibangun dengan mudah nantinya. Jika salah satu komputer Anda memiliki adapter Ethernet tetapi yang lain memiliki USB, kabel crossover Ethernet masih dapat digunakan dengan terlebih dahulu mencolokkan unit konverter USB-ke-Ethernet ke port USB komputer.

<> Null modem kabel serial atau kabel periferal paralel (contoh disini)

Jenis kabel ini, yang disebut Koneksi Kabel Langsung (DCC) saat menggunakan Microsoft Windows, menawarkan kinerja yang lebih rendah tetapi menawarkan fungsi dasar yang sama dengan kabel Ethernet.

Anda mungkin lebih suka opsi ini jika Anda memiliki kabel yang tersedia dan kecepatan jaringan tidak menjadi perhatian. Kabel serial dan paralel tidak pernah digunakan untuk jaringan lebih dari dua komputer.

<> Kabel USB  khusus

 Kabel USB biasa tidak boleh digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung satu sama lain. Mencoba melakukannya dapat merusak komputer secara elektrik! Namun, kabel USB khusus yang dirancang untuk koneksi langsung ada yang dapat digunakan dengan aman. Anda dapat memilih opsi ini daripada yang lain jika komputer Anda tidak memiliki adapter jaringan Ethernet fungsional.

 

Untuk membuat koneksi khusus dengan kabel Ethernet, USB, serial atau paralel, diperlukan:

  1. setiap komputer memiliki antarmuka jaringan yang berfungsi dengan jack eksternal untuk kabel, dan
  2. pengaturan jaringan pada setiap komputer dikonfigurasi dengan tepat

Satu saluran telepon atau kabel listrik tidak dapat digunakan untuk menghubungkan dua komputer secara langsung satu sama lain untuk jaringan.

Connecting Two Computers Wirelessly

Komputer dapat bergabung secara tidak langsung melalui perlengkapan jaringan pusat. Metode ini membutuhkan dua kabel jaringan, satu menghubungkan setiap komputer ke fixture. Beberapa jenis perlengkapan tersedia untuk jaringan ini:

<> Hub, switch, dan router Ethernet

<> Hub USB

<> Jalur saluran telepon dan saluran listrik

Penerapan metode ini sering memerlukan biaya tambahan di muka untuk membeli lebih banyak kabel dan infrastruktur jaringan. Namun, itu adalah solusi tujuan umum yang mengakomodasi sejumlah perangkat yang masuk akal (misalnya, sepuluh atau lebih). Anda mungkin akan lebih memilih pendekatan ini jika Anda berniat memperluas jaringan Anda di masa depan.

Sebagian besar jaringan kabel menggunakan teknologi Ethernet. Alternatifnya, hub USB dapat digunakan, sementara jaringan jaringan listrik dan phoneline masing-masing menawarkan bentuk unik mereka sendiri dari infrastruktur pusat. Solusi Ethernet tradisional umumnya sangat andal dan menawarkan kinerja tinggi.

Menghubungkan Dua Komputer Secara Nirkabel

Dalam beberapa tahun terakhir, solusi nirkabel telah menikmati peningkatan popularitas untuk jaringan rumah. Seperti solusi kabel, beberapa teknologi nirkabel yang berbeda ada untuk mendukung dua jaringan komputer dasar:

<> Wi-Fi

<> Bluetooth

<> inframerah

# 1. Wifi

koneksi dapat mencapai jarak yang lebih jauh daripada alternatif nirkabel yang tercantum di atas.

Banyak komputer baru, terutama laptop, kini memiliki kemampuan Wi-Fi internal, menjadikannya pilihan yang lebih disukai di sebagian besar situasi. Wi-Fi dapat digunakan dengan atau tanpa perlengkapan jaringan. Dengan dua komputer, jaringan Wi-Fi minus fixture (juga disebut  mode ad-hoc ) sangat mudah untuk diatur.

# 2. Bluetooth

teknologi mendukung koneksi nirkabel berkecepatan cukup tinggi antara dua komputer tanpa perlu perlengkapan jaringan. Bluetooth lebih umum digunakan ketika jaringan komputer dengan gedget konsumen seperti telepon seluler.  Bluetooth berfungsi paling baik jika kedua perangkat berada di ruangan yang sama dalam jarak dekat satu sama lain. Pertimbangnya Bluetooth digunakan jika perangkat yang di hubungkan tidak memiliki WI-FI.

# 3. Inframerah

networking ada di laptop bertahun-tahun sebelum teknologi Wi-Fi atau Bluetooth menjadi populer. Koneksi infra merah yang menjadi pilihan  dan cukup cepat. Menjadi sangat mudah untuk mengatur dan menggunakan.b

 

Kondisi ini bisa disebut dengan HomeRF , Anda dapat menggunakannya dengan aman. Teknologi HomeRF menjadi usang beberapa tahun yang lalu dan bukan merupakan pilihan praktis untuk jaringan rumah masa kini.

Semoga Informasi diatas bermanfaat. Terima Kasih

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: