Mac OS, Tips & Tricks

Mac Jadi Lambat Kenapa ya…?

Juli 25, 2018

Semua Mac mulai melambat seiring bertambahnya usia – MacBook Pro, iMac, bukan menjadi masalah.  Ada banyak kiat dari kinerja mac anda untuk perbaiki. saya telah menemukan 5 cara terbaik tentang cara membuat Mac Anda lebih cepat. Beberapa bekerja lebih baik daripada yang lain (tergantung pada Mac Anda).

1. Hard drive Anda semakin penuh.

Hard Drive Mac mungkin penuh atau tidak ada space lagi. Jika Anda dapat meringankan beban pada Mac Anda, Anda pasti akan melihat peningkatan kecepatan.

1. Hard drive Anda semakin penuh.

Cara memperbaikinya: Bersihkan hard drive Anda.

Sayangnya,hal ini agak sedikit rumit (gampang-gampang susah hehe). Membuang/menghapus file-file yang gak penting seperti file lama atau koleksi film lama dll yang tidak di gunakanan lagi, mengatur Desktop Anda mungkin ini  bagian yang mudah. Namun, bagian yang sulit adalah membersihkan sistem Anda, dan mencari tahu semua hal yang dapat dihapus dengan aman untuk lebih banyak ruang. Pilihan terbaik adalah menggunakan alat pembersih Mac, seperti CleanMyMac 3 (Gratis Kok). Tools ini membersihkan seluruh Mac Anda, hal-hal yang mudah dan hal-hal yang sulit. Ia tahu apa yang harus dibersihkan dan di mana harus dibersihkan, dan sangat aman untuk digunakan. Ini menghapus cache, log, paket bahasa, dan lainnya untuk membantu Anda mempercepat Mac –  Klik di sini untuk mengunduhnya gratis !

2. OS X usang.

OS X Mac Anda sangat penting untuk  kinerjanya. OS X yang lebih tua biasanya berjalan lebih lambat – itulah mengapa Apple merilis OS X baru setiap tahun atau lebih.

2. OS X usang.

Cara memperbaikinya: Perbarui OS X Anda.

Memiliki versi OS X terbaru adalah cara yang baik (versi terbaru saat ini adalah macOS Sierra 10.13). Jangan mengira hal ini sebagai tambahan lebih banyak sampah ke Mac Anda yang sudah lambat – anggaplah sebagai update baru yang membuat Mac Anda berjalan lebih lancar. Jadi, perbarui Mac OS X Anda untuk membantu mempercepat Mac Anda. Pada  Mac App Store dan cari “macOS Sierra”. Instal dan Anda mungkin akan melihat peningkatan kinerja yang lebih baik.

Jika karena suatu alasan Mac Anda berjalan lambat setelah pembaruan Sierra , jangan panik. Itu bisa terjadi saat update koneksi terputus atau file update rusak. Anda dapat memperbaikinya dengan CleanMyMac 3. Unduh  aplikasi dan masuk ke tab Maintenance, klik “Repair Disk Permissions” .

3. Startup memperlambat Anda.

Saat Anda memulai Mac, banyak hal yang dimuat di latar belakang. Tidak hanya memperlambat startup Anda, tetapi aplikasi bekerja di backgroud  terus menerus tanpa di sadari.

3. Startup memperlambat Anda.

Cara memperbaikinya: Kelola Item Startup Anda.

Atur startup Mac yang cepat dengan menghapus aplikasi yang tidak perlu. Buka Preferensi Sistem Anda > Pengguna & Grup , lalu klik nama pengguna Anda. Sekarang, klik Item Login, klik pada nama aplikasi yang tidak perlu diluncurkan saat startup, lalu klik simbol “-” yang terletak di bawah daftar di sebelah kiri; ini akan menghapus aplikasi dari daftar – semakin sedikit aplikasi dalam daftar, semakin baik. Ini akan membantu satu ton dengan mempercepat Mac Anda yang lambat.

4. Terlalu banyak proses aplikasi backgroud.

Terlalu banyak aplikasi yang dibuka bisa juga menjadi penyebab mac anda lambat, sampai  Mac Anda  tidak dapat menangani tugas-tugas sederhana.

4. Terlalu banyak berlari di latar belakang.

Cara memperbaikinya: Akhiri proses dengan Activity Monitor.

Activity Monitor akan menunjukkan kepada Anda proses apa yang berjalan pada sistem Anda. Keluar dari aplikasi yang menghabiskan banyak kekuatan pemrosesan dapat membuat perbedaan besar dalam mempercepat Mac Anda yang lambat. Buka folder Aplikasi Anda dan kemudian folder Utilitas Anda. Di sini Anda akan menemukan Monitor Aktivitas, buka. Lihat daftar aplikasi dan proses yang terjadi di Mac Anda secara real-time. Cukup rumit, ya?

Dari sini Anda dapat melihat apa yang menyebabkan masalah dengan Mac Anda. Klik pada tab Memory di bagian atas, kemudian filter Memory di bagian atas daftar; ini mengurutkan program berdasarkan jumlah ruang yang mereka gunakan pada RAM Mac Anda. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak kekuatan yang mereka butuhkan. Menghentikan aplikasi untuk beroperasi dengan mengklik aplikasi di daftar dan kemudian mengklik ikon “x” abu-abu yang terletak di sudut kiri atas jendela. Jangan hapus apa pun yang tidak Anda ketahui!

5. Hardware Jadul/lama.

Sayangnya, Mac Anda mungkin terlalu tua untuk diperbaiki. Ketika perangkat keras Mac Anda menjadi terlalu tua, kecepatan Anda menurun drastis mungkin sedikit cara untuk memperbaikinya tanpa mengambil beberapa tindakan serius.

5. Anda punya perangkat keras lama.

Cara memperbaikinya: Tingkatkan perangkat keras Anda.

Anda telah melakukan semua hal di atas dan Mac Anda masih berjalan lambat. Saatnya untuk memeriksa peningkatan perangkat keras Anda. Butuh waktu, dan mungkin biaya juga ya untuk mengganti/menambah perangkat anda ke ya baru,misalnya upgrade ram dan mengganti ssd baru.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: