Networking, Tips & Tricks

Penyebab Koneksi WIFI Drop

Juli 24, 2018

Saat anda berada di rumah,dikantor atau hotspot publik, koneksi Wi-Fi Anda mungkin turun tanpa terduga tanpa alasan yang jelas. Masalah jaringan semacam ini sering terjadi. pada kesempatan ini saya mencoba memberikan tips mengatasi masalah yang terjadi berdasarkan pengalaman yang sering saya alami.

1. Gangguan Radio Wi-Fi

Sinyal radio dari berbagai produk elektronik konsumen dapat mengganggu sinyal jaringan nirkabel Wi-Fi. Misalnya, telepon tanpa kabel, perangkat Bluetooth, pembuka pintu garasi, dan oven microwave, masing-masing dapat mematikan koneksi jaringan Wi-Fi saat dinyalakan. Anda dapat memindahkan peralatan jaringan Anda atau (di jaringan rumah) mengubah beberapa pengaturan radio Wi-Fi untuk menghindari masalah ini.

Ubah Saluran Wi-Fi (seting di router) untuk Menghindari Gangguan frekwensi

Tempatkan Router / Access Point  Anda pada tempat yang baik (tidak berdekatan dengan perangakat pemancar wifi lain)

 2. Rentang Jaringan dan Daya Wi-Fi Tidak Cukup.

Bahkan tanpa gangguan dari peralatan lain, koneksi Wi-Fi kadang-kadang dapat jatuh pada perangkat yang terlalu jauh dari jangkauan sinyal Wi-FI. Tautan Wi-Fi umumnya menjadi lebih tidak stabil dengan jarak. Merelokasi komputer atau peralatan lain adalah solusi sederhana . Jika tidak, pertimbangkan peningkatan antena dan teknik lain untuk meningkatkan transmisi dan penerimaan sinyal nirkabel.

  • Posisikan Router pada central room untuk  mengukur jangkauan jaringan WI-FI
  • Jaringan Wi-Fi Dapat Ditingkatkan dengan menambahkan booster wifi / repeater

3. Tanpa sadar Menghubungkan ke Jaringan Wi-Fi Salah

Jika dua lokasi yang berdekatan menjalankan jaringan Wi-Fi tidak aman dengan nama yang sama (SSID), perangkat Anda dapat terhubung ke jaringan yang salah tanpa sepengetahuan Anda. Ini dapat menyebabkan gangguan dan berbagai masalah yang dijelaskan di atas. Selain itu, dalam skenario ini komputer Anda akan kehilangan koneksi setiap kali jaringan yang berdekatan tersebut dimatikan. Lakukan langkah-langkah keamanan yang tepat untuk memastikan komputer Anda terhubung ke jaringan yang tepat.

  • Tingkatkan Keamanan Jaringan Nirkabel

4. Driver Jaringan atau Upgrade Firmware Diperlukan

Setiap komputer yang terhubung ke jaringan Wi-Fi menggunakan perangkat lunak kecil yang disebut driver perangkat . Driver perangkat jaringan Wi-Fi mengontrol berbagai fungsi perangkat keras Wi-Fi. Router jaringan berisi teknologi terkait yang disebut firmware. Driver jaringan dan firmware dapat menjadi usang seiring waktu. Upgrade (lebih dari menginstal) versi yang lebih baru dari hal-hal ini mungkin dapat memperbaiki masalah koneksi jaringan. Dapatkan update gratis dari situs web produsen hardware tersebut.

  • Update rutin  Router / Firmware Access Point

5. Paket Perangkat Lunak Tidak Kompatibel yang Dipasang

Koneksi jaringan Wi-Fi dapat mulai gagal pada komputer karena perangkat lunak yang tidak kompatibel diinstal dan berjalan di sana. Ini termasuk patch sistem operasi, layanan sistem operasi, dan perangkat lunak lain yang memodifikasi kapabilitas jaringan dari sistem operasi . Simpan catatan setiap kali Anda menginstal atau meng-upgrade perangkat lunak di komputer Anda, dan  menghapus semua perangkat lunak  tidak kompatibel yang Anda install pada komputer atau perangkat anda baru-baru ini.

6. Overloading / Overheating Titik Akses Nirkabel

Pemilik beberapa router nirkabel (dan jenis titik akses nirkabel lainnya) telah melaporkan kehilangan koneksi selama masa penggunaan jaringan yang berat. misalnya, game online atau saat mendownload file besar. Router dapat, secara teori, menjadi kelebihan beban dengan terlalu banyak data dan gagal sementara. Instal router (titik akses ) di tempat-tempat dengan aliran udara yang baik karena suhu perangkat mempengaruhi kinerja router. siapkan  router cadangan untuk unit yang berbeda jika pemakaian sercara terus menerus.

Semoga Tips tersebut bermanfaat.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: