Linux, Tips & Tricks

Mencari File Menggunakan Terminal di Linux Menggunakan Perintah “Find”

Juli 11, 2018

Melakukan pencarian file secara default pada linux dengan menggunakan GUI bukanlah cara terbaik di lakukan untuk menemukan sebuah file. Kamu bisa melakukan pencarian file pada sistem operasi GNU/Linux melalui Terminal dengan menggunakan beberapa tool yang tersedia. Pencarian file melalui Terminal Linux ini akan lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan tool GUI karena tidak akan memakan banyak waktu.

Cara Mencari File dari Terminal di Linux Dengan Menggunakan Perintah Find

Meski lebih mudah digunakan, perintah ini juga memiliki kelemahan kinerja yang lebih lambat, dikarenakan perintah ini sebenarnya mencari langsung file dan direktori pada disk penyimpanan anda.

Find cocok digunakan untuk mencari file atau sebuah direktori namun kamu tidak bisa mengingat namanya dengan sempurna.

Karena perintah ini bisa mencari file dengan kriteria spesifik tertentu seperti dari user atau group user tertentu, file yang dimodifikasi atau diakses sebelumnya, file dengan spesifik rentang ukuran tertentu, file tersembunyi, file executeable, file dengan akses read only, dan file dengan hak akses tertentu lainnya. Bagian terbaiknya adalah kamu juga bisa dengan bebas mengkombinasikan kriteria-kriteria tersebut dalam satu perintah tunggal dengan menggunakan perintah “find” ini.

Mencari File Pada Direktori Tertentu

Jika kamu sedang mencari sebuah file dan mengatahui dimana mungkin file tersebut bisa berada, kamu bisa menggunakan cara ini. Dengan cara ini, proses pencarian file akan menjadi lebih cepat karena tidak perlu memindai keseluruhan direktori dengan ukuran yang besar. Tetapi kecepatan proses pencarian ini juga bergantung pada ukuran direktori tersebut.

Buka terminal pada Linux kamu dan kemudian masuk dalam direktori dimana mungkin file tersebut akan berada dengan menggunakan perintah “cd” seperti berikut:

cd /nama_direktori/

Jika kamu ingin mencari di dalam direktori home milik kamu, masuk ke direktori home milik kamu dengan menggunakan perintah “cd ~” dan jika kamu mencari di keseluruhan file sistem, gunakan perintah “cd /”.

Sebagai contoh, jika kamu ingin mencari sebuah file gambar di dalam direktori “Downloads” kamu. Kamu hanya tahu bahwa file tersebut memiliki nama yang dengan kata “filesaya”, tapi kamu tidak tahu secara tepatnya nama file tersebut.

Pertama masuk ke dalam direktori Downloads kamu dengan perintah “cd Downloads” dan masukkan perintah berikut di Terminal untuk mencarinya:

sudo find . -name *filesaya*

Kemudian akan muncul semua file yang ada pada direktori tersebut yang memiliki nama “filesaya”.

Tanda titik (.) pada perintah tersebut mengindikasikan agar perintah “find” hanya mencari pada direktori dimana kamu sedang berada saat ini.

Jika kamu ingin mencarinya pada direktori Home, ganti tanda tersebut dengan tilde (~) dan jika kamu ingin mencarinya pada keseluruhan direktori, ganti tanda tersebut dengan menggunakan tanda garis miring (/), jangan lupa untuk menggunakan “sudo” jika kamu mencari pada keseluruhan direktori.

Parameter “-name” pada perintah diatas sebelumnya bekerja mencari file dengan case yang sensitif. Artinya jika kamu mencari file dengan nama “filesaya”, kamu tidak akan menemukan file dengan nama “FileSaya”, karena parameter tersebut sensitif terhadap huruf besar dan kecil.

Untuk mencari sebuah file yang tidak kamu ketahui namanya secara jelas, kamu bisa mengganti parameter “-name” dengan parameter “-iname”, seperti berikut:

sudo find . -iname *filesaya*

Dengan menggunakan parameter ini, kamu bisa melakukan pencarian file pencarian tanpa perlu memperhatikan huruf yang sensitif. Jadi ini akan menjadi hal yang bermanfaat ketika kamu tidak mengetahui dengan pasti tentang nama dari file yang kamu cari.

 

Mencari File Dengan Rentang Ukuran Tertentu

Misalnya kamu sedang mencari sebuah file gambar yang sama, satu-satunya hal yang kamu ingat dari file tersebut adalah ukuran file tersebut kurang dari 10 MB. Kamu bisa mencarinya dengan menggunakan perintah berikut:

find . -size -10M

Jika kamu mengatahui bahwa file itu lebih besar dari 4 MB, kamu bisa menggunakan perintah

find . -size +4M

Kamu juga bisa mengkombinasikan parameter ini dengan parameter sebelumnya.

Misalnya kamu mengatahui bahwa file tersebut lebih kecil dari 10 MB dan lebih besar dari 4 MB. Kamu bisa menggunakan perintah berikut untuk mencarinya:

find . -size -10M -and -size +4M

 

Mencari File Yang Terakhir Diakses atau Dimodifikasi

Terakhir, kamu juga bisa melakukan pencarian file yang terakhir kali kamu akses, kamu bisa menentukan sebuah rentang waktu untuk menemukan sebuah file yang terakhir kali kamu akses pada rentang waktu tertentu.

Misalnya kamu kamu sedang mencari sebuah file dan satu-satunya hal yang kamu ketahui adalah kamu terakhir kali mengaksesnya sekitar 5 menit yang lalu.  Untuk menemukannya, kamu bisa menggunakan perintah berikut:

find . -amin -5

Jika file yang kamu cari tersebut terakhir kali kamu akses sekitar setengah jam yang lalu, kamu mencarinya dengan mengubah parameter menjadi “-amin -30” dan jika kamu mengkasesnya dua jam yang lalu kamu bisa mengubah parameter tersebut menjadi “ -amin -120” dan seterusnya.

Sedangkan Jika kamu mengaksesnya tiga hari yang lalu, kamu bisa menggunakan perintah berikut:

find . -time -3

Ini akan menunjukkan semua file yang kamu akses selama dua hari terakhir di lokasi direktori yang kamu cari tersebut. Silahkan sesuaikan parameter “3” pada perintah diatas dengan rentang waktu yang ingin kamu cari.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: