Linux, Tips & Tricks

Cara Mencari File di Terminal Linux Menggunakan “Locate”

Juli 11, 2018

Mencari file dengan menggunakan Terminal akan lebih efektif dalam segi kecepatan dibandingkan dengan menggunakan tool pencarian file menggunakan GUI. Dalam kondisi tertentu kamu tidak bisa melakukan pencarian file dengan menggunakan GUI, misalnya pada server Linux yang hanya menggunakan command line interface. Pembahasan sebelumnya  saya  sudah pernah menulis tentang cara mencari file menggunakan Terminal di Linux dengan menggunakan perintah find.

Selain perintah “find” kamu juga bisa melakukan permintaan pencarian file menggunakan command line interface di Linux dengan menggunakan sebuah tool lain bernama “locate”. Proses pencarian file dengan menggunakan locate bisa lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan perintah find. dikarenakan  perintah locate tidak mencari file dengan menelusuri media penyimpanan secara langsung satu-per-satu, melainkan melakukan pencarian melalui data-data file yang di database pada file “mlocate.db”.

Untuk melakukan pencarian bukalah terminal linux ,

kamu dapat melakukannya dengan memasukkan perintah locate dan diikuti nama file yang ingin kamu cari pada interface Terminal, seperti berikut:

locate ktp.jpg

Kemudian locate akan melakukan pencarian dan menampilkan file hasil pencarian yang memiliki nama “ktp.jpg” seperti gambar berikut:

Ganti kata “ktp.jpg” pada perintah tersebut dengan nama file yang ingin kamu cari. Kemudian locate akan melakukan pencarian file berdasarkan keyword tersebut dengan nama-nama file yang ada pada database.

Melakukan Pencarian Tidak Sensitif Huruf Besar-Kecil Menggunakan Locate

Proses pencarian file dengan menggunakan perintah locate sensitif terhadap case dari keyword  dapat kamu melakukan pencarian dengan keyword yang huruf kecil semua, kamu hanya bisa menemukan file yang menggunakan huruf kecil semua.

Kamu tidak akan bisa menemukan file yang salah satu karakternya (atau lebih) menggunakan huruf besar, meski filenya memiliki nama yang sama. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan parameter “-i” agar locate tidak sensitif terhadap penggunaan huruf besar dan kecil, seperti berikut:

locate -i ktp.jpg

Maka locate akan melakukan pencarian file yang tidak sensitif terhadap case.

 

Menghitung Jumlah Hasil Pencarian Menggunakan Locate

Jika keyword yang kamu cari tersebut memiliki banyak hasil pencarian, kamu dapat menambahkan parameter “-c” untuk melakukan perhitungan berapa banyak hasil pencarian yang sesuai dengan keyword yang kamu masukkan, seperti berikut:

locate -c ktp.jpg

Maka locate akan melakukan perhitungan berapa banyak jumlah file hasil pencarian seperti gambar berikut:

Karena perintah locate melakukan pencarian nama file berdasarkan database,  maka hasil pencarian dari file yang dicari tidak sepenuhnya akurat, perintah locate bisa menemukan file lama yang sebenarnya sudah dihapus, namun database-nya masih ada.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa memperbaharui path database pada Linux kamu dengan menggunakan perintah updated seperti berikut:

sudo updated

Meski bisa melakukan pencarian file dengan lebih cepat, menggunakan perintah locate akan sedikit sulit bagi pengguna pemula karena locate melakukan pencarian file berdasarkan database. Jika merasa sudah bisa dan efektif melakukan pencarian file menggunakan perintah locate ini, kamu bisa menggunakannya untuk melakukan pencarian file pada Linux.

Namun jika kamu merasa kesulitan dengan proses dan hasil pencarian dari locate, kamu bisa melakukan pencarian file melalui Terminal dengan menggunakan perintah find yang jauh lebih mudah digunakan untuk para pengguna pemula.

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: