Linux, Mac OS, Ngoding, Review, Tips & Tricks, Tutorial

Tmux Powerfull di terminal

Maret 29, 2018

Sebagai seorang programmer atau linux administrator mungkin pastilah akrab dengan terminal atau CMD pada windows. Yang menjadi masalah, seringkali ketika menggunakan terminal, tidak cukup hanya membuka satu window saja, saya biasa nya paling sedikit bisa 3 sampai 5 windows terminal dalam kerjaan sehari-hari. Nah, untuk itulah TMUX hadir untuk memudahkan kita untuk mengontrol terminal dan menjadikan Terminal semakin powerfull, dan dapat di terapkan di beberapa aplikasi yang memiliki terminal seperti Linux dan Mac OS dan bersifat opensource.

simple nya tmux adalah terminal yang bisa kita split menjadi beberapa bagian dan mengakses nya dalam satu layar, biasa digunakan mungkin untuk programming, untuk monitoring server dan lain-lain, saya sendiri menggunakan tmux untuk monitoring server ketika bekerja dikantor, berikut ini adalah beberapa cara untuk menggunakan tmux.

Untuk installasi tmux itu sangatlah mudah sekali dengan mengetikan scrip di bawah ini :

LINUX :

#sudo apt-get install tmux (untuk ubuntu,mint dan turunannya)

#yum install tmux (untuk Centos)

#sudo dnf install tmux (untuk Fedora)

#zypper install tmux(untuk Opensuse)

 

Mac OS

ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)" < /dev/null 2> /dev/null

brew install tmux

 

 

Untuk menggunakan tinggal menjalankannya dengan command :

tmux

 

Membagi Terminal menjadi 2 vertical
#Ctrl-B + % (tekan Ctrl dengan B kemudian tekan tombol Shift dengan 5)

Membagi Terminal menjadi 2 horizontal
#Ctrl-B + " (tekan Ctrl dengan B kemudian tekan tombol Shift dengan ")


Pindah terminal ke terminal lain

#Ctrl-B + Panah-atas, Panah-bawah, Panah-kiri dan Panah-kanan dan banyak Ctrl-b + % - membuat panel horizontal Ctrl-b + " - membuat panel vertikal Ctrl-b + x - menutup panel Ctrl-b + q - menampilkan nomor panel Ctrl-b + o - pindah ke panel selanjutnya Ctrl-b + { - tukar panel dengan panel sebelumnya Ctrl-b + } - tukar panel dengan panel sesudahnya Ctrl-b + atas - pindah ke panel atas Ctrl-b + bawah - pindah ke panel bawah Ctrl-b + kanan - pindah ke panel kanan Ctrl-b + kiri - pindah ke panel kiri Ctrl-b + t - menampilkan waktu pada panel yang sedang aktif

TMUX ini akan sangat bermangfaat jika anda akan melakukan banyak perintah yang berjalan tanpa harus berpindah terminal baru. Silahkan anda menginstall, mengunakan tmux dan membuat dokumentasi tentang tmux. Semoga tulisan saya bermangfaat, jika ada kesalahan penulisan atau pemilihan kata silahkan tinggalkan komentar di bawah.

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: