Networking, Review

Sekilas tentang AFS (Andrew File System) & CIFS (Common Internet File System)

Februari 23, 2018

AFS (Andrew File System)

Ada persamaan dan perbedaan antara AFS dan NFS.

Persamaan:

AFS sama seperti NFS menyediakan akses menuju shared files secara transaparant.

Akses menuju ke file AFS adalah melalui normal unix file primitives (tanpa

modifikasi atau rekompilasi). AFS kompatibel dengan NFS.

Perbedaan:

Secara desain dan implementasi, AFS berbeda dengan NFS, perbedaan utama, NFS

didesain untuk dapat menangani active users dengan jumlah yang lebih banyak

daripada distributed file systems yang lain. Kunci AFS untuk menangani jumlah

active users yang besar terletak pada kemampuan caching seluruh files pada

client node.

 

socket. I/O. socket. I/O. UDP. TCP. UDP. TCP. EXT3 FS. EXT3 FS. Andrew Relay. IP. IP. MAC. driver. MAC. driver. block I/O. block I/O. NIC. driver. NIC. driver. disk. driver. disk. driver. local FS. (cache only) remote server. file system.

Karakter AFS

AFS mempunyai dua karakter desain yang unik :

• Whole file serving

Seluruh konten dari direktori dan file dikirim kepada komputer client oleh AFS servers (di AFS3, file yang ukurannya lebih dari 64kbytes ditransfer dalam 64kbyte chunks).

• Whole file caching

Copy dari sebuah file chunk yang telah ditransfer di komputer client disimpan dalam cache pada local disk.Cache disini mengandung ratusan file yang sering dipakai di dalam sebuah komputer.

CIFS (Common Internet File System)

CIFS atau common Internet File System merupakan sebuah implementasi dari protokol berbagi berkas/file-sharing Server Message Block (SMB) yang telah diusulkan agar menjadistandar Internet (statusnya saat ini masih menjadi draft), sehingga dapat diperoleh secara mudah. Perbedaan dari protokol SMB adalah bahwa protokol ini telah diperbaiki agar dapat digunakan melalui Internet. Protokol ini merupakan “saingan tidak langsung” dari protokol Network File System yang digunakan dalam keluarga sistem operasi UNIX. Protokol ini menggunakan arsitektur client/server. Microsoft telah memberikan draf rancangan protokol CIFS kepada Internet Engineering Task Force (IETF) untuk dijadikan standar Internet. Meskipun demikian, klien dan server CIFS telah ada dalam Windows 2000 ke atas.

Protokol CIFS mengizinkan sekelompok pengguna agar dapat berkolaborasi dan berbagi berkas melalui Internet atau intranet perusahaan. CIFS, saat ini banyak diimplementasikan, sehingga dukungannya pun semakin banyak, meski pada awalnya protokol ini hanya dimiliki oleh sistem operasi IBM OS/2 dan Microsoft Windows saja. Dengan adanya beberapa implementasi dari protokol SMB dalam berbagai sistem operasi, CIFS pun dapat didukung oleh kebanyakan sistem operasi. Salah satu implementasi yang populer, selain yang terdapat dalam Microsoft Windows dan IBM OS/2 adalah SAMBA yang dapat digunakan dalam keluarga sistem operasi UNIX.

CIFS telah dilihat sebagai kemungkinan pengganti protokol File Transfer Protocol(FTP) dan Network File System (NFS) sebagai protokol berbagi berkas dan sistem manajemen berkasnya. CIFS mendukung penggunaan password yang terenkripsi, serta nama berkas dengan pengodean Unicode. Selain itu CIFS juga dapat digunakan untuk mengaitkan (mount) sebuah sistem berkas jarak jauh sebagai sebuah direktori atau drive dalam mesin lokal, seolah-olah sistem berkas jarak jauh tersebut merupakan sistem berkas lokal.

Keunggulan CIFS dibandingkan dengan protokol FTP dan HTTP sebagai protokol berbagi berkas adalah bahwa CIFS mendukung akses baca dan tulis terhadap sebuah berkas secara simultan; sementara HTTP dan FTP hanya mendukung transfer berkas sederhana saja.

Sementara, jika dibandingkan dengan protokol NFS, CIFS menawarkan beberapa keunggulan peningkatan performa dengan adanya fitur read-ahead, write-behinddan fitur opportunistic locks.

IMPLEMENTASI

Beberapa implementasi yang dilakukan dari standar CIFS adalah sebagai berikut:

  • Microsoft Distributed File System (DFS) yang merupakan pengembangan pertama CIFS oleh Microsoft yang diterapkan dalam Windows 2000 Server dan Windows Server 2003.
  • smbfs, yang dapat digunakan oleh sebagian besar distribusi UNIX dan GNU/Linux, dan bersifat open-source. Dapat diperoleh secara bebas di alamat http://www.samba.org.
  • dan beberapa lainnya

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: