Aplikasi Perkantoran, Tutorial

Perbedaan exstention file -xls-xlsx-xlsm-dan-xlsb.html

Februari 23, 2018

Dalam menyimpan File pada program Microsoft Excel kita pasti sering melihat pilihan seperti *.xls, *.xlsx, *xlsm dan *.xlsb serta masih ada beberapa pilihan lainnya.

ini arti dari extension tersebut :

  1. File *.xls merupakan format default pada worksheet Microsoft Excel 2003 ke bawah atau versi Excel 12 ke bawah. File .xls ini berbasis format BIFF dan bisa digunakan menyimpan Macro VBA.
  2. File *.xlsx merupakan format default worksheet Microsoft Excel 2007, 2010 dan 2013. File xlsx ini  berbasis format XML dan tidak bisa digunakan untuk menyimpan macro dikarenakan alasan keamanan.
  3. File *.xlsm merupakan format worksheet Microsoft Excel 2007, 2010 dan 2013 sama seperti xlsx dibuat berbasis XML, hanya bedanya File xlsm ini bisa menyimpan Macro VBA.
  4. File *.xlsb merupakan format worksheet Microsoft Excel 2007, 2010 dan 2013 dibuat berbasis XML, hanya saja dikodekan dalam bentuk biner, sehingga jauh lebih cepat dan efisien jika kita bekerja dengan data Excel yg terdiri dari ribuan baris dan kolom.

Dengan mengetahui perbedaan antara xls, xlsx, xlsm dan xlsb ini, kita tentu sudah bisa membayangkan pilihan format mana yang ingin kita gunakan dalam menyimpan file Excel sesuai dengan kebutuhan kita. Saya kira cukup sekian pembahasan tentang perbedaan simpan file xls, xlsx, xlsm dan xlsb ini, Semoga Bermanfaat….

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: