Linux, Mac OS, Microsoft Windows, Review, Sejarah

Apa Itu Virtual BOX ?

Februari 23, 2018

Mungkin sudah banyak yang sudah mengerti apa itu virtualbox, pada tulisan ini saya hanya mengingat kembali aplikasi yang paling sering di pakai atau yang paling populer (bagi yang sudah mengerti …:D) untuk yang hobinya oprek-oprek atau suka install OS tapi komputernya cuma satu, dan bagi yang blom paham (awam) bisa di teruskan bacanya untuk (bagi yang minat hahahah)….

Ok langsung aja tanpa basa basi  lg ..

VirtualBOX adalah sebuah aplikasi untuk menjalankan Operating System (seperti windows,linux,mac dll yang biasa di singkat dengan OS) dalam sebua OS, atau menjalankan guest OS pada sebuah host.

Aplikasi ini dibuat oleh Innotek, GmbH., sebuah perusahaan jerman pada tahun 2008 di akui sisi oleh SUN Microsystem, yaitu perusahaan, yaitu perusahaan yang membuat bahasa pemograman JAVA, dan pembuat salah satu sistem operasi unix yang terkenal, yaitu SUN SOLARIS. kemudian SUN di akui sisi oleh ORACLE, sehingga otomatos Virtualbox menjadi milik Oracle.

Aplikasi ini di rilis dalam dua versi, yaitu full version dan open source. Dimana full version bersifat propietari. Artinya, Memiliki hak paten atas kodenya jika ingin  digunakan untuk keperluar komersial dan harus membeli lisensinya. Sedangkan untuk yang Open Source adalah versi yang bebas digunakan dan dapat di modifikasi/ di custom sesuai keinginan, atau sering disebut Virtualbox OSE. OSE adalah singkatan dari Open Source Edition.

perbedaan full version dengan open source  ada beberapa fitur yang ada di full version, namun tidak ada pada  versi open source  yaitu fitur untuk mengakses folder yang ada pasa host.

 

Aplikasi Virtualbox ini  dapat diunduh langsung  di situs resminya http://www.virtualbox.org.  unduhlah aplikasi tersebut sesuai dengan operating systemnya.

semoga bermanfaat

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: