Networking, Review

Sekilas Tentang SMS GETWAY

Februari 22, 2018

Apakah SMS Gateway itu? …

SMS Getway merupakan sebuah SMS massal yang dikirim ke banyak tujuan menggunakan media laptop ataupun komputer, dimana SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar atau menerima SMS dari peralatan mobile melalui SMS Gateway’s shortcode. Sebagai orang awam, pengertian di atas tentunya membuat bingung dan tidak jelas akan pengertian SMS Gateway.

Pada dasarnya SMS Gateway merupakan sebuah sistem aplikasi yang digunakan untuk mengirim dan atau menerima sms. Dan biasanya digunakan pada aplikasi bisnis, baik untuk kepentingan broadcast promosi, service informasi terhadap penggunaan, penyebaran content produk/jasa, atau yang lainya.

Pada mulanya SMS Gateway digunakan sibagai bridge / jembatan antar SMSC, karena SMSC yang dibangun oleh perusahaan yang berada memiliki protokol sendiri, dan protokol-protokol itu bersifat pribadi. SMS gateway diletakkan diantara kedua SMSC tersebut, yang berfungsi sebagai relay bagi keduannya, yang kemudian akan menerjemahkan data protokol SMSC lain yang dituju.

Namun, seiring kemajuan teknologi komputer, baik dari sisi hardware maupun software dan teknologi-teknologi komunikasi, SMS Gateway tidak lagi seperti gambaran diatas. Saat ini, SMS Gateway diartikan sebagai suatu jembatan komunikasi yang menghubungkan perangakat komunikasi (dalam hal ponsel) dengan perangkat komputer.

Dalam membangun SMS Gateway tidaklah serumit yang kita fikir kan , hanya perlu mempersiapkan peralatan tempurnya seperti aplikasi dan hardwarenya …

Persiapan yang harus disiapkan untuk membangu SMS Gateway;

  1. Siapkan ayam kalkun….ahahaha canda, kalkun disini merupakan aplikasi web yang layaknya seperti cms yang di gunakan saat pembuatan website sederhana, Dalam membangun SMS Gateway menggunakan Kalkun ini tidak dibutuhkan keahlian dalam bahasa pemograman, dan aplikasi ini bersifat terbuka (open source) yang didapatkan secara gratis melalui website resminya http://kalkun.sourceforge.net.
  2. Memerlukan aplikasi yang digunakan untuk mengelola berbagai fungsi Handphone, modem, dan perangkat jenislainnya ya itu Aplikasi GAMMU. Fungsi-fungsi yang dapat dikelola oleh Gammu, diantaranya adalah fungsi nomor kontak dan fungsi SMS. Gammu memiliki beberapa keunggulan, yaitu bisa dijalankan di Windows ataupun di linux, banyak device yang kompetibel dengan Gammu. Aplikasi ini juga bersifat open source dan dapat di unduh pada websitenya https://wammu.eu/gammu/
  3. Persiapan Hardward PC/Laptop,Modem,Web Server,Wamp Server

Untuk pembuatan SMS Gateway ini lain kali saya bahas , atau bisa juga mencari referensi dari OM Google … 😀

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: