Oprek-Oprek, Review

Overcloking PC Itu apa ya?

Februari 21, 2018

Banyak sekali pengertian dari Overcloking kalau kita cari / search di mbah google seperti saya kutip dari pengertian overclok dari wikipedia :

Overclock adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan pembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat kinerja lebih tinggi. Tetapi perlakuan ini beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya periferal computer yang dilewahjamkan. Lewahjam biasanya dipraktikkan oleh para pengguna PC untuk “memaksa” periferal komputer bekerja di atas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kinerja komputer.

di lihat dari pengertian wikipedia sih agak susah mencernanya bagi orang awam seperti saya hehehe, tetapi menurut pendapat saya  overcloking itu adalah “menjalankan hardware/ sistem komputernya  diluar kemampuan yang di rekomendasikan atau di luar sp

esifikasi standartnya atau bisa di artikan cun up / memaksakan dimana berhubungan dengan clock speed yang satuannya Hz itu lo….:D … maka dari itu keluar lah istilah overclocking.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Trus apa keuntungan / Keunggulannya ?

  • Yang Pasti Kecepatan dan kinerja komputer bertambah seperti menjalankan aplikasi-aplikasi berat / high end contohnya ; menambah frame rate aplikasi game    atau lebih bertenaga, atau menjalankan aplikasi rendering dll
  • Hemat biaya kok begitu? …. Karena kita dapat merasakan kinerja sistem komputer sama dengan membeli atau mengganti perangkat yang berada diatas yang kita miliki contohnya : Processor AMD Rayzen 7 X 1700hz sama kinerjanya dengan Processor AMD Rayzen 7 X 1800hz yang mempunya perbandingan harga yang lumayan berbeda selisih harganya (buat apa beli yang mahal kalau kinerja dan hasil yang sama hahaha)
  • Mengetahui / Menguji seberapa cepat perangkat tersebut yang memiliki keuntungan pada produsen hardware
  • Buat gaya gaya an buat para overclocking profesional hahahaha :d canda.

Overcloking juga memiliki kelemahan salah satunya:

  • Tidak bisa di kerjakan sebarangan meskipun pada motherboard versi sekarang disediakan fasilitas restore point juga terjadi kesalahan settingan / Tunning sehingga sistem cepat hang atau yang lainnya. kalau pakai motherboard versi jadul lebih beresiko kegagalan pada motherboard sehingga membuat motherboard tidak dapat di gunakan lagi ./ Matot (Mati Total) / Death.
  • Perangkat lebih cepat panas sehingga bisa mengakibatkan pengurangan usia perangkat
  • Konsumsi Listrik yang lebih tinggi

Overcloking biasanya di lakukan untuk pada perangkat processor , motherboard, GPU, RAM dan lain-lain, dan tidak  overclock ini sering di adakan kompetisi  oleh produsen hardware dunia dimana sejumlah Overclocker akan berlomba-lomba untuk meng-overclock sebuah set hardware yang dan menjalankan serangkaian tes/benchmark tertentu dalam waktu terbatas. Tentunya, yang mendapat hasil overclock tertinggi yang akan keluar sebagai pemenang. Kegiatan overclocking ini sendiri dilakukan sebagai hobi beberapa pengguna enthusiast, yang ingin PC-nya beroperasi lebih cepat dari standar pabrik.

 

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: