Microsoft Windows, Tips & Tricks

Mengatasi Masalah Klasik Pengguna Flash Disk, HDD External

Februari 20, 2018

Flash Disk, HDD External (Sistem Operasi Microsoft Windows)

Makin meningkatnya penggunaan flash disk, membuat pembuat virus mengalihkan sasarannya ke media penyimpanan yang simple tersebut, bukan hanya menanamkan virus tetapi juga efek yang dihasilkan beraneka ragam, salah satunya isi yang ada di flash disk, seperti file atau folder disembunyikan (Hidden). Gimana cara menanggulangi kasus tersebut? ,

Langkah Pertama

  1. Pastikan antivirus terupdate
  2. Masukkan flash disk ke PC atau Laptop
  3. Jangan membuka kotak dialog yang muncul ketika flash disk dimasukkan ke PC atau laptop.
  4. Buka windows Explorer atau My Computer
  5. Klik kanan mouse di posisi drive flash disk, biasanya F:
  6. Kemudian pilih scan virus sesuai anti virus yang digunakan (“ingat”, biasakan antivirus terupdate)
  7. Mengembalikan data
  8. Setelah virus benar-benar hilang dari flash disk, sekarang saatnya mengembalikan data yang disembunyikan (Hidden). Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka Command Prompt, bisa dengan cara klik Start – Run- ketik cmd atau command (untuk Windows 98/ME/XP/Vista/2000/Windows 7/8/10).
  • Setelah terbuka jendela command prompt, kemudian ketik attrib -h -r -s -a /s /d f: (dengan catatan berada di drive C, sebagai contoh; C:\Documents and Settings\Papa> attrib -h -r -s -a /s /d f: )

  • Lalu setelah perintah tersebut diketikkan, kemudian enter.
  • Apabila langkah no.2 tidak berhasil, anda pindahkan posisinya dari drive C ke drive flash disk (biasanya F), untuk memindahkan posisi drive, ikuti langkah berikut, apabila posisi flash disk di komputer atau laptop ada di drive F, maka (sebagai contoh); C:\Documents and Settings\alta> F: kemudian enter maka akan pindah ke drive F:\>
    Setelah berada di posisi drive flash disk kemudian ketik perintah yang sama dengan langkah no.2, namun untuk f: yang berada di belakang dihilangkan, sebagai contoh : F:\> attrib -h -r -s -a /s /d , kemudian enter.
    Sesudah proses tersebut, sekarang coba cek folder atau file yang ada di flash disk.

Kesimpulan :

Langkah diatas salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan untuk penanganan pertama, masih banyak cara yang lain yang dapat di lakukan, dan bagi pengguna sistem operasi Linux Dekstop atau OSX (Mac OS) pengembalian data lebih simpel dan cepat dilakukan disebabkan virus tersebut tidak berjalan di sistem operasi linux dan mac os, jadi user tinggal membukan launcer atau finder file yang di mendapat attribute Hidden dapat di lihat di kedua sistem operasi tersebut.

 

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply

%d blogger menyukai ini: